Kamis, 21 Maret 2013

Berkaca pada Masa Lalu Melalui Tulisan

           Setelah sekian lama saya meninggalkan dunia blogger, saya tiba-tiba teringingat akan blog saya yang tak terurus.  Akhirnya entah kenapa saya memilih kembali ke dunia Blogger. Saat itu juga saya berusaha membenahi blog saya yang terbengkalai  dari sisi luar maupun dalam, mulai dari lay out luar, coding css/html, dan posting-posting yang telah saya buat.

Ketika sedang membaca-baca tulisan-tulisan saya yang lampau. Saya terheran-heran sendiri, karena melalui tulisan-tulisan tersebut saya seperti melihat sosok  diri saya di masa lampau. Saya melihat sosok diri saya yang sangat bodoh dalam membuat tulisan. Semua saya tulis asal-asalan, semua yang keluar dari kepala saya langsung saya tulis kembali tanpa saya olah terlebih dahulu, bahkan saya bingung sendiri saat membacanya. Saya sendiri yang membuat tulisan bingung, apalagi visitornya.

Tata bahasa yang acak-acakan, sudut pandang yang sangat subjektif, semaunya sendiri. Itulah yang saya lihat dari tulisan-tulisan yang telah saya buat. Entah kenapa saya merasa malu sendiri membacanya, bahkan ada salah satu post yang saya hapus karena membahas sesuatu dari sudut pandang saya yang sangan subjektif. Semua yang telah saya tulis, semua opini yang saya keluarkan lebih mirip dengan “mengumpat online” dari pada membuat esay.


 Saat itu juga saya menyadari, bahwa melalui karya, kita dapat berinstropeksi, melihat sejauh mana perkembangan kita. Kalau dulu saya tidak pernah menulis, maka saat ini saya tidak akan pernah menyadari bahwa saya payah dalam menulis. Melalui tulisan yang telah kita buat kita bisa menilai diri sendiri, mana yang kurang dan mana yang harus di benahi. Apa tata bahasa yang masih asal, sudut pandang kita yang subjektif atau kedewasaan kita dalam menulis yang kurang.

Membaca tulisan lama lama seperti mengintip melalui lorong waktu. Melihat sosok diri sendiri dengan pemikiran yang telah berbeda. Mungkin tulisan saya ini masih jauh dari sempurna, tapi paling tidak saya mencoba lebih baik, belajar dari tulisan saya yang lama agar besok suatu saat dimasa depan, ketika saya membaca kembali tulisan ini, saya bisa berinstropeksi kembali, mana yang salah dan mana yang benar. Apa cara saya dalam mengungkapkan pendapat sudah benar ? Apa cara saya memandang suatu masalah sudah benar ? Apakah saya sudah menjadi lebih baik atau malah sebaliknya ?

0 komentar:

Posting Komentar

Harap Tinggalkan Komentar

 

Followers

My Google+

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *